4 Tips Membuat Website Untuk Pemula Yang Wajib Anda Tahu


Tips Membuat Website Bagi seorang pemula sering kali dianggap sulit, karena harus berurusan dengan pengkodingan. Padahal pada zaman sekarang sangat mudah dan tidak perlu membutuhkan keahlian khusus. Anda yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana membuat website dengan mudah. Yuk simak berikut ini.

4 Cara Mudah Membuat Website Bagi Pemula

1. Menentukan Platform Website

Bagi anda yang masih pemula dalam pembuatan website, hal pertama yang dilakukan adalah menentukan platform website. Anda tidak perlu pengetahuan mengenai coding yang sulit. Anda juga tidak perlu menggunakan code-code seperti HTML dan lain-lain. Selain sulit, menggunakan code tersebut juga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pembuatan website atau tips blog yaitu anda bisa menggunakan WordPress untuk mempermudah membuatnya. Dengan menggunakan WordPress anda tanpa perlu menguasai teori-teori coding. Yang perlu anda lakukan hanya membutuhkan klik instalasi, nama lengkap, deskripsi website, kemudian memilih template dan website sudah bisa digunakan.

Menggunakan laman website atau blog membuat anda bisa belajar bagaimana mengikuti perkembangan zaman. Selain itu dengan penggunaan website dapat mengundang konsumen dan mempermudah komunikasi. Selain itu website dapat membangun branding bagi sebuah perusahaan. Setiap website di desain khusus dengan ciri khas tersendiri untuk menarik perhatian. 

2. Menentukan Hosting Dan Nama Domain

Hal berikutnya yang harus dilakukan yaitu menentukan hosting. Hosting ini mempunyai fungsi sebagai penyimpanan semua website sehingga anda bisa mengakses secara online. file yang disimpan biasanya seperti plugin, tema, media, kode HTML, teks, hingga draft konten akan disimpan di hosting yang sudah kamu tentukan sebagai tempat penyimpanan. Anda perlu berhati-hati dalam menyimpan file. 

Menyiapkan nama domain yang mudah di ingat merupakan tips blog atau website yang perlu dilakukan selanjutnya. Nama domain ini sangat penting karena berfungsi untuk mempermudah orang-orang untuk menemukan alamat website anda. Seperti contoh, ketika orang ingin mengunjungi website Niagahoster, maka mereka akan mengetikkan nama tersebut di browser dan bisa masuk ke dalam website anda.

3. Aktifkan WordPress

Setelah anda selesai menyiapkan hosting dan nama domain. Anda harus memperhatikan keamanannya. Karena data-data anda akan tersimpan di hosting dan juga pertikan nama domain anda agar tidak lupa. Setelah itu anda bisa mengaktifkan fitur auto Instal WordPress yang tersedia di Niagahoster. Jadi anda tidak perlu repot-repot menginstal secara manual.

Tips blog atau website ini akan mempermudah para pemula yang belum pernah membuat website atau blog. Tuntutan pekerjaan biasanya membuat orang-orang harus terjun ke dunia teknologi dan mau tidak mau semuanya akan belajar dari awal untuk memahami bagaimana cara penggunaan teknologi pada zaman yang canggih ini.

4. Lakukan Optimasi Pengaturan WordPress

Pembuatan website yang terakhir yaitu anda harus melakukan optimasi untuk memfinalkan pembuatan website anda. WordPress yang baru saja anda install merupakan versi manual. Sehingga semua pengaturannya masih dasar. Maka dari itu anda harus melakukan optimasi pengaturan supaya website yang anda hasilkan lebih optimal. 

Anda harus masuk terlebih dahulu ke dashboard WordPress untuk  membuat optimasi pengaturan di WordPress. Setelah anda berhasil melakukan login. Anda bisa mengakses semua fitur yang sudah tersedia. Di dalam dashboard ini juga, anda bebas mengelola WordPress. Dari mengubah penerbitan konten sampai menambahkan plugin dan lain-lain.

Itulah cara mudah bagi anda yang masih pemula dalam membuat sebuah blog atau website. Di tengah-tengah kemajuan teknologi yang semakin berkembang ini skill anda dalam perteknologian juga sangat dipertimbangkan. Apalagi jika sudah memasuki dunia kerja. Kemampuan berinovasi dengan menggunakan teknologi akan menjadi nilai tambah anda di mata sebuah perusahaan. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama