5 Bahaya Penggunaan Narkoba bagi Kesehatan

5 Bahaya Penggunaan Narkoba bagi Kesehatan

Semua orang pasti sering mendengar himbauan untuk tidak mencoba narkoba sejak dini. Penggunaan obat-obatan terlarang bisa menyebabkan risiko kesehatan baik fisik dan mental seseorang. Efek adiktif, efek depresan, efek halusinogen, dan hal buruk lain bisa membahayakan kesehatan Anda dalam jangka waktu panjang. Agar terhindar dari risiko yang lebih berbahaya bagi kesehatan, ada baiknya Anda segera konsultasi mengenai rehabilitasi narkoba yang menyelamatkan masa depan.

Waspadai Bahaya Penggunaan Narkoba 

Bila Anda atau orang di sekitar iseng mencoba memakai narkoba, kemudian merasakan efek samping penggunaan obat-obatan terlarang yang merugikan diri sendiri dan orang lain, maka segera lakukan konsultasi rehabilitasi dari penyalahgunaan obat-obatan ini. Pasalnya, orang yang telah kecanduan narkoba bisa mengalami ragam bahaya penggunaan bagi kesehatan yaitu :

1. Mengalami gangguan fungsi otak

Seseorang yang mengkonsumsi narkoba akan mengalami gangguan fungsi otak mulai penurunan konsentrasi, ketidakmampuan mengingat dengan baik, kesulitan berpikir, dan hal-hal yang menyangkut kinerja diri. Jangan heran kalau perubahan gangguan fungsi otak bisa berpengaruh dalam bidang pendidikan dan pekerjaan seseorang.

2. Bisa mengalami dehidrasi 

Jenis ekstasi bisa menyebabkan pengguna mengalami dehidrasi karena ketidakseimbangan elektrolit, lho! Pemakaian dalam waktu lama bisa menyebabkan orang yang terkena dehidrasi bisa mengalami kejang, serangan panik, nyeri dada, dan lain-lain.

3. Alami halusinasi 

Halusinasi pada pengguna narkoba acap terjadi sehingga menyebabkan mereka hilang ingatan, bingung, penurunan kesadaran, tidak bisa berpikir mana yang nyata dan tidak, serta berbagai dampak buruk lainnya. Biasanya orang yang memakai ganja bisa mengalami dampak halusinasi yang bisa menyebabkan gangguan kecemasan dan kesadaran.

4. Kejang dan kematian 

Efek samping pemakaian narkoba bisa membuat pengguna mengalami kejang-kejang  hingga risiko overdosis yang bisa berdampak pada kematian. Pemakai opium, sabu-sabu dan kokain bisa mengalami risiko perilaku psikotik yang bisa membahayakan diri sendiri hingga orang lain. Tidak hanya Anda yang susah, tetapi orang-orang terkasih akan merasa sedih bila ada anggota keluarga yang terjerat narkoba.

5. Mengalami gangguan kualitas hidup

Pemakai narkoba terkadang menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan penat, mengembalikan semangat atau memberikan efek menenangkan. Namun, pengguna akan terus mengalami kecanduan sehingga pemakaian dosis yang lebih banyak bisa mengganggu kualitas hidup mereka. Biasanya gangguan kualitas hidup bisa dilihat dari penurunan prestasi, penurunan kinerja di kantor atau gangguan komunikasi dengan orang lain. 

Gelisah tidur, nyeri otot, insomnia, dan perasaan tidak nyaman bisa berdampak serius pada kehidupan pengguna narkoba. Bila tidak segera mendapatkan pertolongan dan penanganan dengan rehabilitasi narkoba, maka potensi alami overdosis sangat tinggi. Pengguna yang sekadar coba-coba bisa saja menjadi pecandu yang menghalalkan segala cara demi membeli narkoba. Mengingat harga obat-obatan terlarang di pasar gelap sangat mahal sehingga bisa berdampak urusan panjang dengan pihak kepolisian.

Mencegah memang lebih baik dari mengobati, termasuk dalam urusan konsumsi obat-obatan terlarang. Bila seseorang sudah pernah konsumsi narkoba, maka perasaan untuk mengkonsumsi obat-obatan sangat besar. Oleh sebab itu, orang yang telah terjerat lingkaran narkoba harus segera mendapatkan konsultasi dan penanganan dari pihak yang berwenang. 

Pastikan Anda untuk selalu bebas dari narkoba dan tidak berniat mencoba  obat-obatan terlarang ini. Bila sudah terlanjur mengkonsumsi narkoba, maka segera mencari pertolongan dengan menjalani rehabilitasi narkoba yang kredibel mulai proses skrining, asesmen, observasi, dan rencana intervensi dengan psikolog, psikiater atau dokter. Mengubah masa lalu tidak bisa Anda lakukan, tapi Anda bisa merencanakan dan membangun masa depan lebih baik tanpa mengkonsumsi narkoba mulai sekarang, ya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama