Senin, 01 Maret 2021

Kenali Penyebab Serta Cara Atasi Nafsu Makan Anak yang Menurun

Kenali Penyebab Serta Cara Atasi Nafsu Makan Anak yang Menurun

Melihat penyebaran kasus corona yang belum memberikan penurunan yang signifikan, menjadi tugas tersendiri bagi orang tua yang memiliki anak balita. Terlebih kepada anak yang saat ini memiliki nafsu makan yang sedang menurun. Sebaiknya orang tua juga memahami penyebab serta cara menangani nafsu makan pada anak yang menurun. Jika penasaran, simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Anak Mengalami Nafsu Makan Menurun

Penyebab pertama mengapa anak mengalami nafsu makan yang menurun, yaitu anak karena anak sedang dalam fase aktif bergerak serta memiliki beragam kegiatan. Semestinya dengan banyak beraktivitas akan membuat tenaga anak menjadi menurun dan merasakan perut yang lapar. 

Namun faktanya, rasa lelah bermain atau berkegiatan justru dapat mendorong tubuh anak untuk melakukan istirahat dengan cara rebahan ataupun tidur. Dimana jika mereka lelah beraktivitas dan lalu tertidur, maka tidur inilah yang dapat menekan rasa lapar sehingga membuat anak ketika bangun tidur merasa segar kembali tanpa adanya rasa lapar. 

Selain itu ada pula penyebab lainnya, yaitu kebanyakan anak-anak akan kenyang setelah makan camilan yang disediakan. Diketahui juga sekarang sudah banyak variasi makanan ringan yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak. Ketika anak sudah makan makanan ringan, maka perasaan lapar pun hilang. Bahkan merasa malas untuk memakan makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk yang lebih bergizi. 

Solusi tepat yang bisa orang tua berikan adalah dengan membuatkan camilan sehat tersendiri untuk anak. Dimana pada saat ini maraknya virus corona, anda juga sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan camilan. Terkadang pula anak membeli camilan secara sembarangan, tanpa peduli kesehatannya. 

Penyebab terakhir yang bisa menyebabkan nafsu makan anak berkurang, yaitu pemberian porsi makan yang terlalu banyak. Jika anda memberikan porsi yang banyak, maka bisa jadi menghilangkan nafsu makan pada anak. Yang mana kondisi terlalu kenyang juga akan membuat anak menjadi malas makan pada jadwal makan yang berikutnya.

Sebaiknya anak diberikan porsi yang kecil namun bisa sampai berkali-kali. Daripada memberikan makanan yang membuat anak merasa kekenyangan dan malah menghilangkan nafsu makan. Perlu dipahami pula bahwa nafsu makan bukan patokan paling utama. Tetapi, gizi dari makanan tersebutlah yang paling penting untuk anda perhatikan.

Cara Tepat Mengatasi Berkurangnya Nafsu Makan Pada Anak

Hal yang bisa anda lakukan guna untuk meningkatkan kembali nafsu makan pada anak, yaitu dengan cara hanya mengizinkan satu camilan ringan saja untuk bisa dikonsumsi oleh anak. Lebih baik lagi jika anda membuat camilan itu sendiri, agar bisa menjaga kesehatan makanan terlebih saat kondisi pandemi corona seperti sekarang. 

Dengan mengizinkan hanya satu camilan, maka bisa dipastikan anak tidak akan merasa kekenyangan. Melainkan anak hanya mengisi kekosongan perut dengan cara memakan makanan yang tidak terlalu membuatnya kenyang. Hal ini akan membuat anak memiliki nafsu makan yang tinggi pada jadwal memakan makanan pokok.

Cara selanjutnya yaitu dengan memberikan porsi makan yang sedikit kepada anak. Bisa juga anda meminta anak untuk memilih sendiri porsi makan yang diinginkan. Hal ini tentu akan membantu agar anak lebih nafsu makan. Meskipun sedikit, namun anda bisa memberikannya makanan secara berulang-ulang dalam satu hari.

Jika memang cara yang anda lakukan belum berhasil, anda bisa memberikan anak suplemen vitamin yaitu Vitamin Herboost Herbal Booster dari MS Glow Kids yang memiliki kandungan Ekstrak Curcuma yang terkenal sebagai ramuan yang bisa meningkatkan imunitas. Selain itu ada pula Centella Asiatica yang bisa meningkatkan nafsu makan pada anak apalagi disaat pandemi corona seperti ini. 

Demikian beberapa penyebab serta cara yang bisa anda lakukan agar anak dapat meningkatkan nafsu makannya kembali. Tentu membutuhkan cara yang tidak sederhana, namun hal ini bisa membantu anda untuk meningkatkan kembali nafsu makan serta imunitas tubuh anak yang sempat menurun.

0 komentar:

Posting Komentar