Minggu, 13 Desember 2020

Mengulik Tumpeng Dadakan Jakarta Yang Nikmat Untuk Anda Cicipi

Mengulik Tumpeng Dadakan Jakarta Yang Nikmat Untuk Anda Cicipi

Nasi adalah makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, kepopuleran nasi juga dihadirkan dengan berbagai variasi. Salah satunya adalah tumpeng. Nasi yang dibentuk kerucut dan dihias dengan berbagai lauk ini tak pernah ketinggalan dari berbagai acara. Oleh karena itu, tumpeng dadakan Jakarta juga hadir untuk anda yang membutuhkan sajian makanan ini. Berikut selengkapnya.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng yang biasa anda lihat dengan nasi kuning yang dibuat kerucut ini merupakan kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat Jawa, Madura dan Bali. Jenis makanan yang satu ini biasanya digunakan pada acara ulang tahun, syukuran, ritual dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pembuatan tumpeng tidak boleh dilakukan sembarangan untuk menjaga kesakralannya.

Asal mula tumpeng pada dasarnya tidak pernah lepas dari lingkungan sekitar. Gunung-gunung yang terdapat di pulau jawa juga dipercaya sebagai tempat arwah leluhur. Dalam hal ini, nasi tersebut adalah bagian dari kebudayaan lama yang dilakukan akulturasi untuk membentuk budaya baru.

Tentunya, makanan ini juga memiliki arti sebagai permohonan kepada Yang Maha Kuasa. Istilah jawa bahkan menyebutkan kalau tumpeng berarti yen metu kudu sing mempeng. Oleh karena itu, makanan yang satu ini selalu dihadirkan sebagai syarat dalam memperingati berbagai acara. Anda bahkan bisa memesan tumpeng dadakan Jakarta jika lupa belum membuatnya.

Selain itu, filosofi tumpeng juga tidak berhenti dari bentuk nasinya saja. Kehadiran lauk 7 macam yang terdapat pada nasi ini menggambarkan masud pitulungan atau pertolongan. Hal ini tentu memiliki arti bahwa setiap hajat atau acara akan selalu dilakukan dengan memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk memperoleh pertolongan dan terhindar dari malapetaka.

Lauk pauk yang dihadirkan tersebut dapat terdiri dari berbagai hewan laut, hewan darat dan sayur sayuran. Tentunya, lauk pauk tersebut dihadirkan dengan berbagai macam bentuk dan rupa. Lauk pauk tersebut juga bisa menghadirkan bentuk nasi yang unik karena dihias secara melingkar oleh berbagai macam lauk pauk.

Jenis-Jenis Nasi Tumpeng

Tak hanya arti secara umum, penggunaan nasi tumpeng dalam setiap acara ternyata juga memiliki beberapa jenis. Bahkan, pembuatan tumpeng dalam acara tertentu dilakukan dengan memadukan nasi berwarna putih dan kuning. Beberapa jenis nasi tumpeng yang perlu anda ketahui diantaranya Tumpeng Megana, Robyong, Punar, Pungkur dan lainnya.

Jual nasi tumpeng dadakan juga menghadirkan beberapa jenis nasi untuk memenuhi kebutuhan anda. Tentunya, berbagai jenis nasi ini tidak boleh dilakukan sembarangan sebagaimana cara membuatnya. Hal ini dikarenakan setiap tumpeng yang dihadirkan selalu memiliki maksud tertentu dan dikhususkan untuk saat tertentu juga.

Misalnya saja Tumpeng Megana. Jenis nasi yang satu ini dibuat dengan cara memadukan nasi putih untuk bagian atas dan bawah, kemudian nasi kuning berada di tengahnya. Nasi yang satu ini dikhususkan ketika memperingati kelahiran anak. Bahkan, warna putih yang disajikan pada tumpeng ini memiliki lambang kesucian dari seorang anak.

Begitu pula, anda juga bisa menghadirkan Tumpeng Punar untuk memperingati acara ulang tahun atau kebahagiaan lainnya. warna kuning yang dihadirkan pada nasi tersebut adalah lambang keceriaan atas rizki yang sedang didapatkan. Jika anda sedang membutuhkan nasi ini, anda bisa menghubungi jual nasi tumpeng dadakan di Jakarta.

Kehadiran tumpeng akan selalu menjadi pelengkap dalam setiap acara. Terlebih lagi, kesibukan kerja yang terdapat di Kota Jakarta terkadang membuat anda tidak sempat membuat makanan yang satu ini seorang diri di rumah. Oleh karena itu, Mikailla Catering hadir untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan berbagai acara anda.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar