Minggu, 01 November 2020

Surat Kendaraan Anda Habis Masa? Yuk Intip 4 Syarat Perpanjang STNK Secara Online

Salah satu syarat berkendara ialah memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun kelengkapan surat tersebut akan menjadi masalah jika sudah habis masa berlaku. Oleh sebab itu, anda perlu melakukan perpanjang STNK agar terhindar dari sanksi yang sudah diberlakukan dalam undang undang. Di era yang serba canggih, anda bisa melakukan perpanjangan via online.

Langkah Langkah Memperpanjang Masa STNK Secara Online

1. Mengunjungi Situs Resmi E-Samsat

Bagi anda yang ingin melakukan perpanjang surat berkendara secara online, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs e-Samsat. Perlu diketahui, setiap provinsi masing masing memiliki alamat situs e-Samsat tersendiri. Jadi, anda tidak bisa mengakses situs e-Samsat Jawa Timur saat berada di provinsi lain seperti Jawa Barat.

2. Mengisi Data Kendaraan


Setelah berhasil menemukan dan membuka situs e-Samsat, anda perlu mengisi formulir yang tersedia di laman situs tersebut. Pastikan anda sudah mempersiapkan berbagai dokumen penting mengenai kendaraan yang dimiliki. Jika anda sudah mempersiapkan berkas mengenai data kendaraan terlebih dahulu, maka anda tidak akan kalang kabut untuk mencarinya.

Jika anda memiliki kendaraan dengan plat Kota Jakarta, maka pilih Kota Jakarta untuk perpanjang STNK ke dalam kolom yang sudah disediakan. Kemudian, anda perlu memilih lokasi kantor Samsat yang akan dituju. Sebagai saran, anda bisa memilih kantor Samsat yang dimana anda sudah pernah mengurus STNK dahulu. Pastikan jika alamat kantor tersebut benar dan tidak memiliki kesalahan.

Selanjutnya, anda perlu memasukkan nomor polisi dari kendaraan yang dimiliki. Nomor polisi sering disebut dengan plat yang menempel pada bagian depan dan belakang kendaraan yang anda miliki. Seusai mengisi formulir, anda akan diminta memasukkan Captcha. Captcha merupakan sebuah rangkaian huruf yang bertujuan untuk mendeteksi bahwa yang mengisi data bukanlah robot.

Sebelum menuju proses selanjutnya, cek kembali data data yang telah anda masukkan. Setelah dirasa tak ada kesalahan dalam pengisian data, anda dapat ketuk tombol Cari. Jika data yang dimasukkan sudah terdeteksi secara akurat, maka anda akan dihubungkan langsung ke laman pembayaran jumlah pajak.

3. Memilih Metode Pembayaran

Setelah mengisi formulir perpanjang STNK di halaman pertama, anda akan dimintai untuk mengisi formulir kedua. Di laman ini akan menunjukkan metode pembayaran apa yang bisa dipilih oleh para penggunanya. Kemudian, sebagai wajib pajak anda perlu menekan tombol setuju untuk mendapatkan kode bayar yang nantinya akan digunakan sebagai syarat pembayaran pajak kendaraan.

Anda bisa memutuskan cara pembayaran dengan menggunakan layanan E-Channel perbankan maupun e-Banking. Perlu diingat, kode bayar yang merupakan hasil pendaftaran memiliki masa berlaku selama dua jam. Artinya, anda diharuskan untuk segera membayar atau anda akan dikenakan denda dari biaya administrasi. Biasanya, denda tersebut dipatok dengan harga yang cukup mahal. 

4. Tanda Bukti

 
Setelah melakukan semua langkah yang sudah dijelaskan, maka secara otomatis pihak Samsat akan mencetak TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran). Kemudian, tanda tersebut akan diantar langsung ke rumah anda paling lambat tiga hari. Setelah 30 hari, anda perlu mendatangi kantor Samsat dengan membawa TBPKP untuk perpanjang STNK.

Itulah cara memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan secara online. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, anda bisa melakukan berbagai prosedur seperti perpanjangan surat kendaraan hanya melalui smartphone. Namun, perlu diingat bahwa meskipun secara online berbagai persyaratan seperti kelengkapan data kendaraan harus tetap diperhatikan.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar