Selasa, 01 September 2020

Cara Menggunakan Minyak Telon Bayi yang Benar dan Aman

Cara Menggunakan Minyak Telon Bayi yang Benar dan Aman

Mengoleskan minyak telon bayi umumnya dilakukan para ibu atau orang tua agar si kecil hangat dan nyaman. Produk yang terbuat dari campuran minyak kelapa, minyak kayu putih, dan minyak adas ini memiliki banyak manfaat untuk bayi. Penggunaannya sebaiknya dengan memperhatikan cara-cara yang benar seperti berikut. 

Cara Menggunakan Minyak Telon Bayi

1. Memeriksa kemasan minyak telon terlebih dulu

Sekarang ini sangat mudah untuk mendapatkan minyak telon seperti Sleek Baby. Produk terpercaya yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat tanah air. Namun, jangan lupa untuk selalu memeriksa kemasan yang biasanya mencantumkan banyak informasi penting untuk konsumen.

Label pada kemasan minyak telon umumnya memberikan informasi seperti kandungan produk dan cara penggunaannya. Namun, yang tidak kalah penting adalah informasi mengenai tanggal kedaluwarsa produk yang sebaiknya selalu Anda cek sebelum menggunakan minyak telon pada bayi.

2. Menuangkan ke tangan sebelum dioleskan ke kulit bayi

Minyak telon mengandung berbagai minyak alami yang aman untuk digunakan pada kulit bayi. Namun, sebaiknya saat menggunakan minyak telon tidak langsung ke kulit bayi. Tuang minyak telon secukupnya ke telapak tangan Anda dan selanjutnya oles secara lembut ke kulit si kecil.

3. Mengoleskan minyak telon setelah mandi

Mengoleskan minyak telon bayi umumnya dilakukan setelah bayi dimandikan. Hal tersebut bagus dan bertujuan untuk memberikan kehangatan pada si kecil setelah mandi. Minyak telon mengandung minyak kayu putih yang bermanfaat untuk menghangatkan sehingga bayi merasa nyaman dan tidak rewel.

Minyak telon dapat digunakan setelah mandi untuk melindungi si kecil masuk angin setelah mandi. Oleskan secukupnya pada bagian punggung dan dada atau bagian tubuh lain yang diperlukan. Minyak telon bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit bayi setelah mandi agar tidak kering. 

4. Mengoleskan minyak telon sebelum beraktivitas di luar 

Apabila Anda hendak membawa si kecil ke luar rumah, sebaiknya gunakan minyak telon terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan pada kulit bayi dan untuk mencegah bayi masuk angin. 

5. Mengoleskan minyak telon sebelum bayi tidur

Cara menggunakan minyak telon bayi yang benar adalah saat sebelum bayi tidur. Minyak telon yang mengandung minyak adas memiliki aroma yang dapat membantu menenangkan si kecil. Jadi bayi dapat tidur lebih nyenyak dan tidak terlalu sering bangun karena tidak nyaman. 

Cara ini juga bertujuan untuk melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk saat tidur. Aroma wangi minyak telon banyak disukai bahkan oleh orang dewasa, namun tidak untuk nyamuk. Jadi tidur si kecil dapat lebih nyaman dan lelap tanpa gangguan nyamuk. 

6. Hindari bagian kulit yang terluka

Minyak telon dapat menimbulkan perih jika terkena kulit yang luka. Hal tersebut tentu dapat membuat rasa tidak nyaman, oleh sebab itu minyak telon bayi sebaiknya tidak dioleskan di sekitar kulit yang terluka. 

7. Hindari bagian sekitar mata dan mulut

Jika hendak mengoleskan minyak telon ke bayi, lakukan dengan lembut dan hindari bagian kulit di sekitar mata dan mulut. Anda bisa mengoleskan minyak kayu telon  pada telapak kaki, perut, dada, dan punggung. Beri pijatan lembut agar bayi dapat lebih tenang dan nyaman. 

Penggunaan minyak telon bayi yang aman tetap perlu dilakukan dengan hati-hati mengingat kulit bayi yang masih sangat sensitif. Selalu perhatikan petunjuk pemakaian dan gunakan minyak telon secukupnya agar si kecil hangat dan nyaman, serta dapat memperoleh manfaatnya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar