Minggu, 27 September 2020

5 Makanan Khas Jogja Paling Favorit yang Wajib Anda Cicipi


5 Makanan Khas Jogja Paling Favorit yang Wajib Anda Cicipi
Sumber: www.freepikpsd.com
 
Jogja selain populer dengan kekayaan ragam budayanya, juga dikenal sebagai surganya kuliner. Pasalnya, banyak olahan menu makanan tersedia di Kota Pelajar ini. Makanan khas yang berasal dari Jogja juga banyak yang masih eksis hingga sekarang. Berbagai makanan khas tersebut masih dapat ditemui di berbagai sudut Jogja. Penasaran apa saja makanan khas Jogja yang enak dan masih eksis hingga kini? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Gudeg

Sumber: www.flickr.com

Makanan satu ini pasti sudah sering Anda dengar. Ya, Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang paling favorit di kalangan wisatawan. Rasanya yang gurih dan manis membuat makanan khas Jogja ini bisa dinikmati semua kalangan. Lebih dari itu, meski memiliki cita rasa yang lezat dan porsi yang cukup besar, harga satu porsi Gudeg masih terbilang cukup terjangkau, lho!

Bahan dasar Gudeg umumnya memakai nangka muda. Kini, sudah banyak ditemui Gudeg yang memakai bahan dasar lain, seperti manggar, jamur, hingga buah salak. Namun, jangan khawatir, bahan dasar apapun, rasa makanan ini masih lezat dan otentik. Pada saat penyajian, Gudeg biasanya dilengkapi dengan nasi putih, telur, dan daging ayam.

Gudeg menjadi makanan yang lezat, mengenyangkan, dan harganya terjangkau. Maka dari itu, pastikan Anda mencicipi makanan ini saat berwisata ke Jogja. Makanan legendaris satu ini banyak dijual di daerah Wijilan, Yogyakarta.

2. Sate Klatak

Sumber: www.nativeindonesia.com
 
Selain Gudeg, Sate Klatak juga menjadi kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan saat liburan di Jogja. Sama seperti sate lainnya, bahan dasar pembuatan sate ini menggunakan daging kambing. Namun, umumnya daging kambing yang digunakan adalah daging kambing muda sehingga teksturnya lebih empuk. Perbedaan Sate Klatak dengan sate lainnya ada pada tusuk yang digunakan. Sate Klatak menggunakan tusuk khusus yang terbuat menggunakan jeruji sepeda. Porsi per satu tusuk Sate Klatak juga lebih besar dari pada porsi sate biasanya.

3. Bakpia Pathok

Sumber: www.magazine.job-like.com
 
Bakpia Pathok menjadi makanan khas Jogja yang kerap dijadikan oleh-oleh. Rasanya yang manis serta teksturnya yang lembut membuat makanan ini paling favorit diburu para wisatawan. Bahkan, rasanya tidak lengkap jika berwisata ke Jogja tanpa membawa oleh-oleh Bakpia Pathok. Ada banyak varian rasa yang bisa Anda pilih dari makanan ini seperti rasa kacang hijau, cokelat, keju, hingga durian. Semua rasanya dijamin lezat dan Anda bisa memilihnya sesuai selera.

4. Nasi Tiwul

Sumber: www.pinterest.com
 
Nasi Tiwul merupakan makanan khas yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung gaplek dan singkong kering yang sudah melalui proses penggilingan. Dahulu, Nasi Tiwul menjadi makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Seiring berjalannya waktu, makanan ini mulai menjadi makanan khas Jogja yang dibentuk menjadi berbagai macam varian.

Nasi Tiwul umumnya dicampur dengan parutan kelapa sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan manis. Kini, Nasi Tiwul juga tersedia dalam bentuk kemasan sehingga dapat Anda temui di pusat oleh-oleh Jogja. Cita rasa yang khas dan harga yang cukup terjangkau membuat makanan ini masuk dalam daftar kuliner Jogja yang harus Anda cicipi.

5. Bakmi Jawa

Sumber: www.qraved.com
 
Bakmi Jogja atau lebih dikenal dengan Bakmi Jawa merupakan olahan bakmi rebus yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas masakan Jawa. Kuliner mie ini biasanya terbagi menjadi dua jenis yaitu bakmi rebus dan bakmi goreng. Bakmi Jawa memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Umumnya, makanan ini dijual pada malam hari. Selain enak, harga makanan khas Jogja satu ini cukup terjangkau, lho!

Tidak sabar untuk mencicipi makanan khas Jogja yang telah disebutkan di atas? Yuk, segera atur jadwal dan itinerary liburan ke Jogja. Jangan lupa, kunjungi Wonderful Indonesia untuk mendapatkan lebih banyak informasi wisata di Yogyakarta maupun di wilayah Indonesia lainnya.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar